MOPDB (Masa Orientasi Peserta Didik Baru)

Masa Orientasi Peserta Didik Baru,

Konotasi kata Orientasi Siswa mungkin bagi sebagian besar dari kita adalah negatif, atau jaman dahulu sering diartikan dengan "perploncoan". Seiring dengan berkembangnya pola pikir dan tata hidup berkehidupan masyarakat, maka kegiatan Orientasi sudah seharusnya juga berkembang dan kembali ke tujuan awalnya, "masa adaptasi bagi siswa baru di lingkungan dan tata pergaulan baru".

Nah, apa guna dan manfaatnya bagi siswa SD yang nota bene merupakan lulusan TK dan atau bukan lulusan TK? Sesungguhnya sekedar untuk mengenalkan mereka (calon peserta didik baru) ke sebagian lingkungan sekolah, sehingga nantinya mereka tidak akan canggung lagi saat Hari Pertama Masuk Sekolah. Diharapkan calon peserta didik baru dapat memulai aktifitas pendidikannya dengan lebih percaya diri.

Bagi orang tua CPDB, kegiatan ini bisa menjadi dasar komunikasi yang baik antara pihak orang tua/wali siswa dengan pihak sekolah demi kemajuan pendidikan putra/putri mereka. Karena hanya dengan komunikasi yang baik, sehingga pendidikan siswa dapat berjalan dengan signifikan baik saat di sekolah maupun di rumah. Dan demi mencegah timbulnya kenakalan remaja dan berbagai masalah yang dimungkinkan timbul nantinya dapat dicegah dan diarahkan sedini mungkin.











0 Komentar untuk "MOPDB (Masa Orientasi Peserta Didik Baru)"

Back To Top